
Bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronik . Perkembangan ini berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung pada teknologi informasi dan komunikasi.
Di sisi lain, masyarakat
menyadari bahwa teknologi informasi merupakan salah satu tool penting dalam
peradaban manusia untuk mengatasi atau sebagain masalah derasnya arus
informasi. Teknologi informasi dan komunikasi saat ini adalah bagian penting
dalam manajemen informasi. Di dunia bisnis, dengan perkembangan pengetahuan
yang begitu cepat ( banyak artikel baru yang dipublikasikan tiap tahun dalam
jurnal) pelaku bisnis akan ketinggalan jika tidak menggunakan tools untuk
mengupdate perkembangan terbaru. Teknoprener itu
sendiri merupakan gabungan dari (kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi)
dengan Kewirausahaaan.
Alasan perusahaan
menerapkan teknologi informasi pada bidang pemasaran
1. Teknologi informasi memiliki kemampuan
untuk mengintegrasikan berbagai bagian yang berbeda dalam organisasi dan
menyediakan banyak informasi ke manager. Sebagai contoh sistem informasi
eksekutif (executive Information System atau EIS) mempengaruhi aliran informasi
secara vertikal dalam perusahaan.
2. Teknologi informasi juga mempengaruhi
proses pengembangan strategi pemasaran karena teknologi informasi memberikan
lebih banyak informasi ke manager melalui sistem pengambilan keputusan
(decision Support System atau DSS)
3. Teknologi informasi mempengaruhi
antarmuka-antarmuka organisasi dengan lingkungan seperti pelaggan dan pemasok.
Sestem antar organisasi yang dilengkapi dengan pertukaran data elektronik (EDI)
menciptakan hubungan yang lebih dekat antara organisasi dan pemasok, memfasilitasi
manajemen sediaan yang lebih efisien dan memungkinkan pendekatan tepat waktu
dalam melakukan pemesanan kembali
Aplikasi teknologi
informasi dan komunikasi bisnis
Secara umum masyarakat mengenal produk informasi dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak dan infrastruktur. Perangkat keras meliputi input (keyboard, monitor,touch screen, scanner, mike, camera digital, perekam vidio, barcode reader, maupun alat digitasi lain dari bentuk analog ke digital). Perangkat keras ini bertujuan untuk menerima masukan data/informasi ke dalam bentuk digital agar dapat diolah melalui perangkat komputer.
Secara umum masyarakat mengenal produk informasi dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak dan infrastruktur. Perangkat keras meliputi input (keyboard, monitor,touch screen, scanner, mike, camera digital, perekam vidio, barcode reader, maupun alat digitasi lain dari bentuk analog ke digital). Perangkat keras ini bertujuan untuk menerima masukan data/informasi ke dalam bentuk digital agar dapat diolah melalui perangkat komputer.
Selanjutnya terdapat
perangkat keras pemroses lebh dikenal sebagai CPU dan memori komputer.
Perangkat keras ini berfungsi untuk mengolah dan mengelola sestem komputer
dengan dikendalikan oleh sestem operasi komputer. Selain itu terdapat perangkat
keras penyimpan data baik yang bersifat tetap (hard disk) maupun portabel
(removable disk). Perangkat keras berukutnya adalah output yang menampilkan
hasil olahan komputer kepada pengguna melalui monotor, printer, speaker, LCD
maupun bentuk respon lainnya.
Selanjutnya dalam
perangkat lunak dibedakan sistem operasi (misalnya Windows, Linux, atau Mac)
yang bertugas untuk mengelola hidup matinya komputer, menghubungkan media input
dan output serta mengendalikan berbagai perangkat lunak aplikasi maupun utiliti
di komputer. Sedangkan perangkat aplikasi adalah program praktis yang digunakan
untuk membantu pelaksanaan tugas yang spesifik seperti menulis, membuat lembar
kerja, membuat presentasi, mengolah database dan lain sebagainya.Selain itu
terdapat juga program utiliti yang membantu sestem operasi dalam pengelolahan
fungsi tertentu sperti fungsi manajemen memori, keamanan komputer dan lain-lain.
Peran Teknologi
Informasi dan komunikasi
Peran Teknologi informasi (TI) dalam upaya mengintegrasikan seluruh proses bisnis memang tidak bisa dibilang kecil. Beragam solusi aplikasi dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mewujudkan upaya ini. Dari sisi karyawan, solusi pengelolan sumber daya manusia (HRM), memungkinkan terciptanya SDM yang efektif, dan kontrol administrasi yang relatif akurat.Sumber Daya Manusia di perusahaan dapat bekerja lebih optimal dan menghasilkan kinerja tinngi bagi perusahaan.Untuk pelanggan, perusahaan dapat menggunakan Selling Chain Management. Solusi ini memungkinkan perusahaan menjalankan aktifitas pemasaran (marketing) penjualan (sales) dan pelayanan pelanggan secara bersamaan menhhasilkan output berupa pemanfaatan aplikasi Customer Relationship Management (CRM).
Peran Teknologi informasi (TI) dalam upaya mengintegrasikan seluruh proses bisnis memang tidak bisa dibilang kecil. Beragam solusi aplikasi dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mewujudkan upaya ini. Dari sisi karyawan, solusi pengelolan sumber daya manusia (HRM), memungkinkan terciptanya SDM yang efektif, dan kontrol administrasi yang relatif akurat.Sumber Daya Manusia di perusahaan dapat bekerja lebih optimal dan menghasilkan kinerja tinngi bagi perusahaan.Untuk pelanggan, perusahaan dapat menggunakan Selling Chain Management. Solusi ini memungkinkan perusahaan menjalankan aktifitas pemasaran (marketing) penjualan (sales) dan pelayanan pelanggan secara bersamaan menhhasilkan output berupa pemanfaatan aplikasi Customer Relationship Management (CRM).
Tidak ada komentar